13 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur


Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur - Seperti yang kalian ketahui, tidur merupakan salah satu aktivitas yang wajib dipenuhi oleh tubuh. Biasanya tubuh memerlukan waktu 8 - 10 jam untuk diistirahatkan setelah beraktivitas sehari-hari. Tidur sangat penting bagi kesehatan dan mentalitas Anda. Namun, kira-kira apakah akibat yang dihasilkan akibat kurang tidur?

13 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur
Ilustrasi tampang orang kurang tidur

Penyebab Kurang Tidur dan Istirahat


Ada banyak sekali faktor-faktor luar yang menyebabkan tubuh kalian kurang beristirahat. Biasanya tidak jauh-jauh dari aktivitas, contohnya adalah begadang dikarenakan diajak oleh teman-teman, sekedar menonton televisi seperti menonton film laga ataupun menonton pertandingan bola dari tim kesayangan kalian, mengerjakan tugas dari sekolah atau kampus yang bertumpuk-tumpuk, atau yang lebih parah lagi adalah mengerjakan tugas kantor yang lebih bertumpuk-tumpuk daripada tugas kampus, sampai-sampai bela-belain lembur sampai malam dan kerjaan kalian dibawa pulang ke rumah. Well, hal tersebut memang biasa terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. 

13 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur
ilustrasi kampret momen kurang tidur


13 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur


Namun, suka atau tidak ada beberapa efek dampak negatif dari kurangnya tubuh dalam beristirahat. Kali ini saya akan membahas hal tersebut.

1. Kurang Fokus


Kurang fokus disini dalam artian kurang fokus dalam menyetir kendaraan Anda, entah itu motor, maupun mobil. Sudah banyak berita kecelakaan dikarenakan sopir mengantuk kan?

2. Kurang Konsentrasi Dalam Berpikir


Kalau yang ini fokus dalam konsentrasi berpikir seperti iklan Aqua yang akhir-akhir ini tayang (Februari 2015). Jika Anda pernah mengerjakan tugas sampai malam, Anda sudah pasti pernah mengalami kesulitan dalam berpikir untuk menyelesaikannya. Hayoo, ngaku aja dech!

3. Emosional


Ini yang sering terjadi dengan diri saya. Marah-marah gak jelas dikarenakan hal sepele seperti orang stress. Selain lapar (loe rese kalau lagi laper), tidur juga salah satu penyebab orang sering marah-marah tidak jelas.

4. Sering Lupa


Yaps! Kalau kalian merasa sering lupa dikarenakan kurang tidur, mending sekarang perbanyak jadwal tidur kalian.
13 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur

5. Dampak Negatif Pada Kesehatan Kulit dan Kantung Mata


Untuk kaum wanita, ternyata jika kurang tidur akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan pucat lho. Kalau mata, sudah jelas yaitu kantung mata menjadi membengkak dan menghitam seperti BATMAN!

6. Kegemukan alias obesitas


Yaah sebenernya bukan karena kurang tidurnya sich, namun lebih dikarenakan karena pengaruh nafsu makan yang meningkat dikarenakan kalian begadang semalaman. Gak percaya? Cobain aja, pasti laper dech malam-malam.

7. Diabetes


Seorang laki-laki akan memiliki kemungkinan diabetes akibat kurang tidur TANPA memandang tingkat aktivitas maupun usia. Ini menurut Yale University Medical School.

8. Sel Otak Mati Penyebab Penyakit Alzheimer dan Demensia


Jika kalian begadang selama 19 jam berturut-turut selama 3 hari, maka hal tersebut akan mematikan sel-sel otak kalian. Karena hal tersebut maka otak kalian tidak dapat membersihkan plak protein sehingga menyebabkan penyakit demensia dan alzheimer. Bingung apa itu penyakit demensia dan alzheimer? Searching dong!

9. Stroke


Orang dewasa yang tidur tidak cukup alias kurang dari 6 jam per hari akan memiliki resiko terkena stroke lebih besar 4 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. Yah, walaupun ini bukan hal yang pasti, namun tetap harus dijadikan bahan pertimbangan.

10. Osteoporosis


Hal ini pernah dibuktikan oleh peneliti, bahwa kurang tidur selama 72 hari dapat mengakibatkan osteoporosis, namun penelitian ini diuji kepada seekor tikus. Namun, Steven R. Goodman, Ph.D editor utama dari Experimental Biology and Medicine mengatakan bahwa hal yang sama dapat pula terjadi kepada manusia.

11. Polip dan Kanker


Dari 1240 orang yang diskrining kanker kolektekral, sekitar 338 diantaranya tidur setiap harinya kurang dari 6 jam. Jangan lupa polip dan kanker payudara juga mengancam.

12. Serangan Jantung


Orang-orang yang kurang tidur akan beresiko terkena serangan jantung sebesar 48%. Karena saat kurang tidur biasanya tubuh akan stress dan tegang yang mempengaruhi tubuh untuk menghasilkan hormon dan zat kimia tertentuyang mengakibatkan serangan jantung.

13. Cepet Koid (Mati) Muda

13 Dampak Negatif Akibat Kurang Tidur
ilustrasi mati muda -_-

Walaupun yang namanya takdir di Tangan Tuhan, namun tetap saja tubuh yang dititipkan kepada kita harus dijaga dengan sebaik-baiknya. pria yang tidur kurang dari 6 jam perhari berisiko 4x lebih besar untuk koit alias mati mufa alias meninggal dalam kurun waktu 14 tahun.


Well, ada baiknya mulai  sekarang kalian memperbaiki pola tidur kalian untuk menjaga dan memelihara tubuh agar selalu sehat dan bugar. Dengan tubuh yang bugar maka akan terdapat jiwa dan pikiran yang segar. Kalian tentu tidak ingin penyakitan kan?


Artikel Terkait Mengenai Cara Agar Menghilangkan Stres Banyak Pikiran


Terimakasih Telah Membaca Artikel Tips Cara Agar Mengatasi Stres Berat Yang Berkepanjangan
Jika kalian menyukai artikel Tips Cara Menghilangkan Atau Mengatasi Stres Kerja Dan Banyak Pikiran disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar sealkazzsoftware.blogspot.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D
sumber: http://manfaat.co/akibat-kurang-tidur.html, http://rona.metrotvnews.com/read/2014/11/02/313258/6-efek-fisik-akibat-kurang-tidur, http://www.hipwee.com/tips/ini-akibat-berbahaya-kalau-kamu-kurang-tidur/
gambar: detik.com, jancok.com

Tag: dampak negatif akibat kurang tidur, efek negatif kurang tidur, dampak negatif tidur, dampak negatif tidur larut malam bagi wanita, dampak negatif tidur berlebihan, dampak negatif tidur pagi, dampak negatif tidur sore



==============================================



==============================================

loading...

loading...