Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Dan Benar


Cara Mudah Merawat Kucing Persia Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula - Kucing persia adalah kucing yang sangat cantik dengan bentuk tubuh yang besar dan padat, kepala besar dan bulat, ditutupi bulu yang tebal.

Telinganya berujung bulat, bagian dasar melebar, tidak terlalu tinggi dan miring ke depan. Ciri khasnya yang paling terlihat adalah hidungnya yang pesek.


Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Dan Benar
Cara Merawat Kucing Persia Jantan Medium


Beberapa Perlengkapan Yang Disiapkan Untuk Kucing Persia

Sebelum kamu memiliki kucing persia yang cantik dan lucu. Kamu harus memiliki beberapa persiapan perlengkapan untuk kucing persia, diantaranya sebagai berikut :


     1Makanan

Untuk memberikan makanan pada kucing kita harus memperhatikan labelnya. Jika kucing kita masih kecil, cari makanan yang berlebel kitten (kucing kecil) sehingga dia tidak salah asupan. Untuk merek itu berbeda-beda disetiap produk makanan kucing. Berbeda pula kandungan nutrisi didalamnya.

      2. Takaran Makanan

Takaran makanan ini berfungsi untuk mengambil makanan. Tapi jika kamu ganti dengan botol bekas air minum juga bisa. Tergantung kamu ada budjet berapa. Sesuaikan dengan kemampuan kamu ya, jangan terlalu memaksakan kehendak, sehingga memberatkan.


      3. Tempat Makan dan Minum

Ada yang menjual tempat makan dan minum dalam satu wadah dengan lubang yang berbeda. Tempat yang seperti ini lebih efisien, karena menghemat tempat dan ruang. Jangan lupa selalu sediakan makanan dan minumnya di tempat tersebut, sehingga ketika kucing kamu lapar bisa langsung mencari tempat makan tersebut.


      4. Bak Pasir

Bak pasir ini digunakan untuk tempat pasir. Tempat ini disediakan untuk membantu kucing kamu untuk buang air besar maupun buang air kecil. Seperti layaknya toilet bagi kita. Kucing juga butuh tempat untuk buang air. Jadi kucing tidak sembarangan buang airnya.

Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Dan Benar
Perlengkapan Untuk Kucing Persia


      5. Pasir

Gunakanlah pasir khusus untuk kucing yang wangi ada aroma buahnya. Pasir khusus kucing ini juga mempunyai fungsi sendiri, yaitu ketika ada kotoran kucing dipasir tersebut, maka kotoran itu akan menggumpal dan kering. Jadi tidak mudah bau dan mudah untuk diambil. Biasanya pasir ini hanya untuk sekali pakai. Jika sudah terkena kotoran kucing, segera dibuang pasir yang terkenanya.

      6.  Serokan Pasir

Serokan ini berfungsi untuk mengambil kotoran kucing yang sudah menggumpal di bak pasir. Kemudian kotoran tersebut dibuang. Lewat alat ini akan sangat memudahkan kita dalam membersihkan tempat buang air kucing. Sehingga tangan kita tidak kotor dan bau, meskipun harus mengurus tempat buang air kucing.

      7. Shampo

Tidak bedanya dengan manusia, kucing juga butuh shampo untuk mandi dan dipakai juga untuk badannya. Shampo kucing biasanya dipakai seminggu sekali. Tapi hati-hati ya dalam memandikan kucing. Apalagi pada bagian dekat mata. 

      8. Baby Oil dan Kapas

Baby Oil dan Kapas ini digunakan untuk membersihkan telinga kuping. Jagalah kebersihan kucing kamu, apalagi kamu yang memelihara kucing didalam rumah, bahkan tidur bareng dengan kucing. Harus lebih ekstra merawat kebersihannya.

      9. Vitamin

Selain perlengkapan untuk kebutuhan badan kucing, ada vitamin juga yang perlu di berikan kepada kucing. Vitamin ini berfungsi untuk kesehatan kulit dan bulu kucing.

Cara Mudah Merawat Kucing Persia Dengan Baik Untuk Pemula

  1. Jaga kebersihan kandang dan bak pasir 
  2. Cek suhu dan kelembapan ruangan
  3. Perhatikan makanan dan minuman kucing
  4. Jaga kebersihan mata, telinga, gigi dan rutin potong kuku
  5. Lakukan vaksinasi, obat cacing, kontrol ke dokter hewan secara rutin
  6. Grooming kucing : memandikan, sisir dan mengeringkan bulu kucing
  7. Berikan tempat/alas tidur yang nyaman, mainan dan perhatian
  8. Jaga hubungan baik dengan breeder tempat adopsi dan berkomunitas

    Bagaimana Cara Mengetahui Kucing Persia Yang Sakit?


    Selain harus merawat kucing persia dengan baik, kita sebagai majikannya wajib mengetahui tingkah laku apa saja yang harus diketahui saat kucing tersebut sakit. Ini dia berikut penjelasannya.

    1. Kelelahan dan lesu
    2. Sulit membuang kotoran
    3. Menggelengkan kepala secara berlebihan
    4. Mengkonsumsi air secara berlebihan
    5. Selera menurun atau sebaliknya
    6. Jadi lebih agresif dan hiperaktif
    7. Berjalan pincang atau sulit berdiri
    8. Ada cairan yang keluar dari lubang tubuh
    9. Ada bagian tubuh kucing yang bengkak
    10. Berat badan naik ataupun turun secara mendadak
    Resep Cheese Stick Goreng Renyah Dan GurihJika kamu melihat dari salah satu yang disebutkan diatas, maka segeralah bawa kucing kamu ke dokter hewan. Karena hewan kamu butuh perawatan khusus. Agar bisa diketahui penyebab sakitnya, dan cara mengobatinya. 

    Saran Rujukan Buku Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Dan Benar


    Saran saya jika Anda menginginkan panduan secara keseluruhan, Anda dapat membeli buku KUCING COMPLETE GUIDE BOOK FOR YOUR CAT, karangan dari cacang effendi pemilik blogt ternakkucing.blogspot.com. Saat tulisan ini ditulis, beliau menjabat sebagai presiden klub cat fancier society of Indonesia (CFSI), klub CFA Indonesia, dan pendiri komunitas Sukses Beternak Kucing Ras. Atau Anda bisa mengikuti grup di facebook yang beralamatkan di www.facebook.com/groups/forum.diskusi.SBKR/ . Buku ini tersedia di toko buku semisal gramedia, TM book store, Toko Buku Karisma, dll seharga Rp.85.000 - Rp.95.000


    Artikel Terkait Mengenai Cara Agar Menghilangkan Sariawan Yang Berkepanjangan

    Terimakasih Telah Membaca Artikel Tips Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

    Jika kalian menyukai artikel Tips Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Dan Benar disini silahkan kalian like atau share via facebook atau twitter atau google plus agar sealkazzsoftware.blogspot.com bisa memberikan lebih banyak informasi menarik ke depannya :D
    Terimakasih telah berkunjung di artikel Cara Merawat Kucing Persia Yang Baik Dan Benar

      sumber:  kucingkita.com, rantsa.com, prabucats.blogspot.com, merawatkucing.blogspot.com
      gambar: tumblr.com, whicdn.com


      ==============================================



      ==============================================

      loading...

      loading...