Mengapa Warna Mata Berbeda - Beda?



Mata merupakan anugerah terbesar yang kita miliki dan merupakan bagian terpenting dari tubuh kita karena dengan mata kita dapat melihat suatu objek. Namun apakah kalian pernah bertanya mengapa orang - orang memiliki wara mata yang berbeda - beda? Warna mata merupakan sifat poligenik dan ditentukan oleh jumlah dan jenis pigmen dalam iris. Hal tersebut disebabkan oleh melanin, yang diproduksi di iris mata.


Melanin Mempengaruhi Warna Mata




Gen warna mata tersebutlah yang memutuskan seberapa besar jumlah melanin sehingga hal tersebut akan mempengaruhi warna mata seseorang. Biasanya orang - orang yang memiliki kulit dan rambut lebih cerah biasanya memiliki jumlah melanin yang lebih rendah, oleh sebab itu maka mereka memiliki warna mata yang cenderung lebih terang.


Bayi Terkadang Memiliki Warna Mata Biru




 Beberapa bayi terkadang memiliki mata berwarna biru, hal tersebut disebabkan karena pada saat bayi baru dilahirkan, tubuh mereka belum bisa memproduksi melanin. Warna mata bayi yang sebenarnya baru bisa terjawab setelah beberapa bulan disaat tubuh mereka sudah bisa memproduksi melanin. Jadi jangan kaget apabila bayi tersebut tidak memiliki warna mata yang sama dengan orang tuanya saat baru dilahirkan.


Pantulan Cahaya Kadang Mempengaruhi Warna Mata




Terkadang pada orang dewasa, kita melihat beberapa perubahan warna mata namun hanya bersifat sementara. Tahukah kenapa? Hal tersebut disebabkan oleh pantulan cahaya yang terjadi akibat warna disekitar lingkungannya ataupun warna baju.


Klasifikasi Warna Mata




Klasifikasi Warna Mata:
  • Amber : merupakan warna mata yang sedikit membingungkan karena warna cokelat mata ini diberikan sentuhan warna lain seperti warna emas, kuning, hijau, atau bahkan oranye.
  • Biru : Merupakan warna mata yang terjadi akibat jumlah melanin yang sedikit
  • Coklat : Merupakan warna dominan yang ada pada setiap manusia, kadang terlihat seperti hitam karena gelap.
  • Abu - Abu : Warna mata ini memiliki melanin yang lebih sedikit dibandingkan dengan warna mata Biru.
  • Merah : Ada warna mata merah pada manusia (keren ioow) tapi hal tersebut sangat jarang karena faktanya hanya ada 20 laporan di seluruh dunia mengenai warna mata ini.
  • Violet : Merupakan perpaduan refleksi dari merah dan biru. Beberapa albino memiliki warna mata violet.

Foto - Foto Warna Mata


Warna mata Abu - abu

Warna mata Abu - abu 

Warna Mata Amber

Warna Mata Amber 

Warna Mata Biru

Warna Mata Biru 

Warna mata cokelat

Warna mata cokelat 

Warna Mata Violet

Warna Mata Violet



sumber gambar: wikipedia.com


==============================================



==============================================

loading...

loading...