Salah Kaprah Mengenai SEO


Artikel ini saya buat karena ketika saya melakukan blogwalking ke blog teman - teman, saya melihat beberapa blogger yang sedikit salah kaprah mengenai SEO. Menurut saya yang mendasari pemikiran salah kaprah tersebut karena banyak pelaku SEO yang sombong, banyaknya pelaku  SEO yang menggunakan SEO blackhat, dan banyaknya pelaku SEO yang sangat mata duitan. Ini adalah sedikit pemikiran salah kaprah mengenai SEO yang berhasil saya kumpulkan, semoga kalian tidak mencap negatif semua orang yang paham dengan SEO.

Salah Kaprah Mengenai SEO


Sebenarnya saya cukup miris juga sich bacanya karena ketika saya baca komentar yang terkesan agak sinis dan menyindir. Seketika itu pula yang terlintas di benak saya adalah "SEO gak gituu juga x, kok jelek banget anggapannya". Nah, agar semua bisa lurus lagi maka saya membuat artikel ini.

Berikut adalah beberapa komentar dari beberapa blog yang saya dapatkan :


  • Waahh tentang SEO yah? Saya tidak tertarik karena saya bukanlah pemuja SEO

    Perhatikan yang diberi garis bawah (PEMUJA SEO). Ini pemikiran menurut saya cukup aneh karena pada dasarnya SEO itu adalah ilmu mengenai Search engine dimana para webmaster jika mengikuti aturan dari search engine yang diberitahukan melalui pernyataan umum mengenai panduan kualitas (http://www.google.com/support/webmasters/bin/answer.py?hl=id&answer=35769) dengan baik, maka search engine akan memberikan ganjaran berupa traffic yang besar terhadap blog atau websitenya. Untuk lebih jelas coba baca dech artikel Apa itu Search Engine Optimized (SEO) di wikipedia  http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari . SEO bukanlah untuk dipuja melainkan untuk dipelajari sama halnya dengan matematika, psikologi, desain grafis dan ilmu lainnya.


    • SEO diperuntukkan untuk mesin bukanlah manusia, jadi tinggal pilih mau buat artikel untuk manusia atau mesin

    Pemikiran seperti ini bisa jadi dikarenakan banyaknya website yang menggunakan teknik blackhat SEO dengan autogenerated content dimana artikelnya tidak dapat terbaca (unreadeble) karena hanya terdiri dari banyak kata kunci yang ditampilkan secara acak. Contohnya adalah screenshoot dari website berikut :

     



    • Blog yang paham SEO sombong

    Memang tidak sedikit  orang - orang yang paham SEO terkesan agak sombong entah karena tidak mau melakukan blogwalking, tidak mau bertukar link, atau sering menghapus komentar. Tapi percayalah, tidak semuanya begitu kok, ada pula yang baik dan sering berbagi pengetahuannya :)


    • SEO adalah cara cepat kaya dari internet

    SEO pada dasarnya adalah ilmu marketing layaknya di dunia nyata dimana tujuannya adalah mendapatkan pengunjung dan ketenaran ( branding ) serta mendapatkan kepercayaan dari konsumen setinggi mungkin namun di dunia maya. SEO bukanlah metode untuk cepat kaya melainkan metode untuk mendapatkan banyak pengunjung melalui search engine.

    • SEO adalah cara ajaib mendatangkan pengunjung

    SEO ini bukanlah sebuah cara ajaib yang dalam sekejab dengan sekali ayunan tangan bisa mendatangkan banyak pengunjung dalam jumlah besar! SEO membutuhkan proses dan biasanya akan terlihat hasilnya setelah 6 bulan kemudian.



    Semoga Salah Kaprah Ini Tidak Berlanjut


    Semoga dengan dibuatnya artikel ini salah kaprah yang terjadi tidak akan berlanjut secara terus menerus berkesinambungan. Memang sich persepsi negatif seperti itu datang pastinya karena fakta yang terjadi di lapangan. Namun semuanya juga tidak harus terus menerus negatif kan?



    ==============================================



    ==============================================

    loading...

    loading...