Perkembangan Teknologi Demi Kesejahteraan Manusia


teknologi pintar berinti dari komputer pintar

Teknologi merupakan sebuah kemajuan yang digunakan untuk membantu berbagai kegiatan manusia secara efektif dan efisien. Berkat teknologi inilah manusia mendapatkan beragam manfaat mulai dari kemudahan berkomunikasi, kemudahan mendapatkan beragam informasi dengan cepat, peningkatan tingkat harapan hidup manusia, sampai dengan sisi ekonomis yang dapat memangkas berbagai biaya secara efektif dan efisien.

Komputer Pintar Inti Dari Perkembangan Teknologi


Komputer pintar merupakan inti dari perkembangan berbagai teknologi, contohnya penggunaan cloud computing, penggunaan chip komputer di berbagai gadget, sampai dengan software di berbagai alat untuk membantu berbagai aspek kehidupan manusia. Komputer pintar bahkan sudah memasuki aspek kesehatan seperti produk perangkat lunak milik IBM yang dapat menganalisis informasi perawatan pasien multivariabel untuk meningkatkan prediksi kesembuhan pasien dan mengoptimalkan perawatan pasien. Perangkat lunak tersebut jelas dapat meningkatkan efisiensi, kualitas pelayanan kesehatan, serta menekan biaya kesehatan secara signifikan! Lihat beritanya di http://www.ibm.com/smarterplanet/us/en/healthcare_solutions/ideas/index.html?re=CS1..

Hal tersebut membuktikan bahwa teknologi juga dapat meningkatkan kesejahteraan finansial karena dapat mengurangi berbagai biaya secara efektif. Contoh lain dari manfaat teknologi milik IBM yang dapat meningkatkan kesejahteraan finansial adalah pengembangan green technology. Dengan adanya green technology maka manusia dapat meminimalisir penggunaan energi. Bayangkan jika semua alat mendukung green technology, maka setiap negara dapat menghemat biaya anggaran yang begitu besar untuk pengadaan energi. Anggaran tersebut tentu dapat dialokasikan ke berbagai aspek kehidupan lainnya, dengan begitu masyarakat akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Itulah salah satu fungsi utama dari teknologi.

Perkembangan Teknologi Membutuhkan Dukungan Dari Pemenrintah


Agar perkembangan teknologi dapat menyebar secara merata maka mutlak dibutuhkan dukungan dari pemerintah. Di Indonesia sendiri ada kebijakan pemerintah yang mengatur tentang Pedoman Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) yang berfungsi untuk memberikan pelayanan teknis, informasi, dan orientasi berbagai jenis spesifik teknologi tepat guna yang dibutuhkan masyarakat.

Dengan adanya berbagai kebijakan politik dari pemerintah diharapkan kedepannya perkembangan teknologi selain memberikan kemudahan, juga dapat mengarahkan manusia kepada kemakmuran dan menjadikan bumi sebagai planet pintar (smarter planet)


==============================================



==============================================

loading...

loading...