15 Ciri - Ciri Wanita Hamil Yang Sering Ditemui



Kehamilan




Kehamilan merupakan sesuatu yang ditunggu – tunggu oleh setiap pasangan karena dengan kehadiran sang buah hati maka lengkaplah kebahagiaan pasangan tersebut. Namun ironisnya sekarang banyak pasangan muda yang tidak mau bertanggung jawab akan kehamilan bahkan seringkali tega membuang atau membunuh bayinya sendiri! Terkutuklah mereka!

Di artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai ciri – ciri wanita hamil karena tidak semua orang khususnya pasangan yang baru menikah mengetahui ciri –ciri wanita hamil.

Isi Konten :

 

Ciri Ciri Wanita Hamil




Berikut adalah beberapa ciri – ciri wanita hamil yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber :

1. Terlambat Atau Tidak Menstruasi


Ciri ini merupakan salah satu hal yang paling sering dirasakan bagi wanita hamil. Walaupun begitu hal tersebut barangkali dapat terjadi disebabkan oleh hal – hal yang lain diantaranya adalah karena stress, penggunaan obat tertentu, makanan, adanya penyakit tertentu dan lain sebagainya.

2. Mual dan Muntah


Ini dapat terjadi diakibatkan oleh perubahan – perubahan hormon yang terjadi pada wanita. Seringkali dikenal sebgaai “Morning Sickness” dikarenakan gejala ini sering terjad di pagi hari.Walaupun begitu, mual dan muntah pada kehamilan ini jarang terjadi pada awal bulan kehamilan.

3. Ngidam


Biasanya ini merupakan ciri – ciri yang sering terjadi di bulan – bulan pertama pada wanita hamil. Wanita seringkali menginginkan makanan – makanan, minuman, ataupun hal tertentu dan seringkali sulit ditemukan. Suaminya dech yang harus kerja keras demi istri tercinta . . . hahahaha

4. Gangguan Buang Air Besar


Hal ini katanya terjadi dikarenakan gangguan hormonal

5. Sering Buang Air Kecil


Wanita hamil seringkali didapati buang air kecil terus menerus, terutama apabila sudah hamil besar. Hal tersebut dikarenakan jumlah darah dan cairan dalam tubuh wanita tersebut meningkat sehingga mengakibatkan adanya cairan tambahan yang diproses oleh ginjal dan kanudng kemih.

6. Kelelahan atau Fatigue


Wanita merasa lemas atau kuranf bergairah. Bahkan kadangkala pingsan ditengah keramaian. Biasanya hal ini terjadi di awal masa kehamilan dikarenakan meningkatnya kadar hormon progrestron pada tubuhnya. Namun setelah tubuh mulai beradaptasi maka pada trisemester kedua wanita cenderung lebih energik.

7. Tidak Nafsu Makan


Biasanya hal tersebut terjadi dikarenakan mual – mual yang sering dialami. Bagi wanita hamil, sebaiknya makan yang cukup agar sang buah hati tumbuh sehat :D

8. Perubahan warna Kulit


Kadangkala terjadi setelah umur kehamilan diatas minggu ke 12. Warna kulit akan menjadi lebih hitam.

9. Keputihan atau Keluarnya Cairan Berlebihan Pada Vagina


Ini dipengaruhi oleh hormonal (lagi – lagi hormon).

10. Gusi Bengkak


Biasanya terjadi pada bulan pertama kehamilan. Beberapa wanita malah mengalami kerontokan gigi.

11. Pembesaran Perut


Ini akan menjadi tampak sangat jelas setelah kehamilan berlangsung 14 minggu.

12. Warna Puting Susu Menjadi Lebih Gelap


Gejala ini muncul biasanya seminggu setelah konsepsi dan diakibatkan oleh perubahan hormon.

13. Sembelit


Biasanya wanita hamil akan merasakan perubahan pola buang air besar. Disebabkan oleh perubahan hormon yang mengakibatkan relaksasi dan turunnya gerakan usus.

14. Payudara Dan Puting Susu Membengkak


Akan menjadi lebih sensitif dan rasanya akan lebih sakit dibandingkan saat menstruasi. Namun setelah trisemester ketiga akan berkurang secara signifikan karena tubuh telah beradaptasi dengan perubahan hormon tersebut.

15. Suhu Basal Tubuh Meningkat


Maksudnya adalah suhu tubuh saat baru bangun tidur di pagi hari dan belum melakukan apa – apa. Biasanya jika selama 18 hari berturut – turut terjadi maka kemungkinan hamil lebih tinggi.

Cara Memastikan Kehamilan




 

1. Menggunakan Alat Tes Kehamilan


Alat ini paling baik digunakan setelah 1 minggu setelah telat mendapatkan menstruasi ataupun setelah mendapatkan tanda – tanda di atas. Dengan menggunakan alat ini biasanya hasilnya akan lebih akurat.

 

2. Periksakan Ke Dokter Kandungan


Kalau dokter kandungan mengatakan tidak tahu berarti dokter itu belum lulus! Cari dokter yang lain, hehehe



Kesimpulan Mengenai Ciri - Ciri Wanita Hamil





Memang tidak semua wanita mengeluhkan ciri – ciri kehamilan seperti berikut. Namun sebagian orang seringkali mengeluhkan gejala tersebut. Gunakan alat tes kehamilan dan konsultasikan ke dokter kandungan agar lebih yakin. Jika sang istri benar – benar hamil maka suami yang baik akan sangat sayang kepada sang istri dan rela melakukan apapun demi istri dan anak yang dikandung sang istri
:D


Artikel Lainnya Mengenai Wanita Hamil




Lihat juga artikel Anemia Pada Ibu Hamil


Sumber Ciri - Ciri Wanita Hamil




  • http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12111450
  • http://en.wikipedia.org/wiki/Pregnancy
  • http://www.blogdokter.net/2007/07/07/tanda-tanda-kehamilan/
  • www.istrockphoto.com


==============================================



==============================================

loading...

loading...