Keuntungan Memiliki Top Level Domain DIbandingkan Dengan Subdomain!


Keuntungan top level domain


Kebanyakan orang memulai blog mereka melalui subdomain gratis seperti wordpress.com maupun blogspot.com. Namun sayangnya  hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa subdomain tidak akan lebih bermanfaat dibandingkan Top Level Domain. Dilema yang terjadi biasanya adalah seiring berjalannya waktu blog kalian yang masih dengan subdomain sudah mendapatkan pagerank yang lumayan, alexa yang langsing, serta traffic dan posisi SERP yang aduhai. Namun ketika kalian ingin mendapatkan sponsor maupun mendaftar di beberapa program seperti google adsense maupun yang lainnya, mereka menolaknya dengan alasan blog kalian haruslah memiliki alamat Top Level Domain.


Apa Itu Top Level Domain?



Top Level Domain adalah domain tingkat atas yang ditandai dengan ekstensi seperti .com, .gov, .org, .co, .net. Biasanya orang - orang yang memiliki blog dengan alamat Top Level Domain ini adalah orang - orang yang  konsisten dalam dunia blogging entah hal tersebut dimotivasi oleh uang, pengunjung, fans, ataupun hal lainnya. Di dalam SEO pun semua pakar merekomendasikan menggunakan Top Level Domain karena akan mendapatkan posisi lebih kuat pada SERP dan lebih mudah dalam hal branding.


Mengapa Harus Menggunakan Top Level Domain?



Mungkin jika kalian adalah pemain baru di dunia blogosphere maka kalian akan bingung menjawab pertanyaan seperti ini. Tapi berikut adalah beberapa alasan yang sepertinya masuk akal menurut beberapa sumber yang saya baca.

1. Reputasi Di Dunia Blogosphere


Mungkin akan terdengar sedikit konyol namun memang hal inilah yang terjadi. Seseorang yang memiliki Top Level Domain akan lebih di hargai dibandingkan dengan blog yang menggunakan subdomain dan biasanya blog yang menggunakan Top Level Domain sudah memiliki reputasi di dunia blogosphere.


2. Perusahaan Iklan Besar Biasanya Hanya Menerima Blog Top Level Domain

Ini adalah kenyataan! Bahkan adsense saja sudah merubah kebijakan penerimaan publishernya (entah mulai kapan). Namun tidak hanya adsense program paid to review, program PTC, dan lain - lain sekarang biasanya hanya menerima blog yang menggunakan Top Level Domain!


3. Akan Lebih Mudah Mendominasi SERP

Jika kalian mempelajari SEO, maka kalian pasti akan menemukan kenyataan bahwa semua pakar SEO akan merekomendasikan penggunaan Top Level Domain cenderung lebih bermanfaat dibandingkan dengan penggunaan subdomain.


4. Akan Lebih Mudah Di Ingat

Biasanya Top Level Domain akan lebih mudah diingat alamatnya bagi para pengunjung, terlebih lagi jika kalian menggunakan nama domain yang singkat. Dengan begitu tentu kalian akan lebih mudah mendapatkan pengunjung tetap setiap harinya kan?


5. Kalian Hanya Perlu Membeli Domain, Tidak Perlu Hostingnya!

Yaa, kalian tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli sebuah Top Level Domain! Kalian hanya membeli domainnya bukan hostingnya. Saya menggunakan Blogger Blogspot sebagai tempat hostingnya jadi saya tidak memerlukan sewa hosting setiap bulannya karena blogger semuanya bersifat gratis (YEEEAAA!!)


6. Kalian Bisa Memperbesar Skala Bisnis Kalian

Mohon maaf sebelumnya tapi perlu diketahui bahwa penggunaan subdomain seringkali direndahkan apabila sudah bersaing dengan Top Level Domain. Jika kalian sudah mendapatkan banyak traffik di blog kalian maka kalian bisa melakukan bisnis yang kalian inginkan seperti menjual ebook, jasa, ataupun jual beli lainnya yang menguntungkan. Jangan lupa cantumkan testimoni pelanggan ;)

7. Tak Perlu Takut Kehilangan pagerank

Kalian pasti kaget setelah membeli sebuah Top Level Domain lalu pagerank kalian saat menggunakan subdomain raib begitu saja kan? hahaha tenang saja don't worry be happy! Itu hanyalah bersifat sementara. Setelah Google robot mendeteksi redirect link kalian secara keseluruhan maka blog kalian akan balik lagi pageranknya. Dulu saya juga kehilangan pagerank saya ketika beralih dari subdomain gratis (blogger Blogspot) menjadi www.mizzu.net


8. Domain Harganya Kurang dari 100 Ribu/Tahun

Kalian mungkin akan menyangka bahwa sebuah domain itu akan berharga sangat mahal apalagi jika kalian statusnya masih seorang pelajar ataupun mahasiswa. Tapi buanglah pikiran itu jauh - jauh! Rata - rat  domain itu dijual murah kurang dari 100rb/tahun. Bahkan saya pernah lihat diskon di GoDaddy.com untuk mendapatkan domain selama 10 tahun kalian hanya perlu membayar $10. Murah kan???

Kesimpulan



Menurut saya tidak ada ruginya jika kalian mengganti blog kalian yang menggunakan subdomain menjadi top level domain terutama apabila kalian memutuskan untuk konsisten menjalankan dan merawat blog kalian.

sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Top-level_domain
http://www.seomoz.org/learn-seo/domain
http://www.mybloggertricks.com/2011/08/10-reasons-why-you-should-buy-custom.html
http://www.newgtldsite.com/dot-brand-gtlds/
http://www.hostly.com/hosting-info/benefits-drawbacks-international-domain-names-1648.html


==============================================



==============================================

loading...

loading...