Pemahaman Trustrank Dan Cara Menaikkannya!


google TrustRank

Seperti yang dijelakan dalam artikel sebelumnya yang berjudul Trust (Kepercayaan) Dalam SEO, Kepercayaan mengenai halaman website ternyata juga ada algoritmanya sehingga mesin pencari seperti Google ataupun Yahoo tidak perlu mempekerjakan banyak manusia sehingga mereka dapat lebih berhemat.

Kita sebagai pemilik website ada baiknya mempelajari bagaimana meningkatkan trustrank guna mendapatkan tujuan yang kita inginkan dalam dunia internet.


Apa itu TrustRank?



TrustRank adalah sebuah metode teknik yang sudah dijelakan oleh Universitas Stanford dan Yahoo! yang berguna untuk memisahkan antara halaman yang berguna bagi user dan SPAM. Banyak sekali halaman SPAM yang dibuat untuk melakukan manipulasi terhadap mesin pencari dan user. Halaman SPAM ini biasa digunakan untuk tujuan komersial dan mereka melakukan manipulasi pada halaman hasil pencarian (SERP) agar mendapatkan peringkat yang tinggi. Manusia tentu dapat dengan mudah mengidentifikasi halaman SPAM namun jika perusahaan mesin pencari menggunakan manusia untuk mengidentifikasinya maka sudah tentu akan mengeluarkan biaya yang sangat mahal, oleh karena itu dibuatlah algoritma TrustRank.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/TrustRank


Apakah Google Memiliki Algoritma TrustRank?




Yaahhh namanya juga si Mbah Google, algoritmanya bejibun!
Penemu algoritma ini adalah Ramanathan Guha yang bekerja di GOogle, ia sudah mendaftarkan hak patennya mengenai algoritma tersebut di tahun 2006, kalian dapat melihatnya di :
Tapi desas desus mengatakan bahwa metode TrustRank yang mereka gunakan sama sekali berbeda dengan apa yang sudah dijelaskan oleh universitas Stanford dan Yahoo!.


Mengapa Membangun TrustRank?



Mengapa kita harus membangun TrustRank?? Alasannya adalah mesin pencari merupakan sahabat baik dari para pemilik websites! Jika mesin pencari tidak mempercayai kalian maka kalian tidak akan ditemukan oleh orang lain, dan jika kalian tidak ditemukan oleh orang lain website kalian tidak akan berkembang (khususnya yang menjual sesuatu). Membangun TrustRank dapat membuat website kalian lebih terlihat dan lebih terkenal di dunia maya serta orang lain dapat dengan mudah menemukan website kalian.

Fair enough huuh??!


Cara Membangun TrustRank



Dikutip dari Sitepronews, ada 2 elemen penting dalam menjalankan sebuah website yaitu persepsi pengunjung danTrust Ranking (peringkat kepercayaan). Persepsi pengguna adalah bagaimana pengunjung website kallian dapat memahami isi website kalian melalui mata mereka sehingga mereka mendapatkan persepsi yang baik mengenai website kalian.


Meningkatkan Persepsi Pengunjung



  • Social Media, Dengan aktif di social media (jejaring sosial) dapat menunjukkan bahwa kalian aktif  dalam mempromosikan produk - produk kalian secara berkesinambungan. Social Media sangat efektif mengingat penggunanya yang sangat banyak jumlahnya.
  • Kualitas, orang - orang akan percaya kepada website kalian apabila kalian sudah teruji kualitasnya, mungkin sedikit testimonial dari orang - orang yang kompeten di bidangnya bisa mempengaruhi persepsi pengunjung.
  • Cantumkan Kontak, Cantumkanlah no telephone kalian, alamat serta berbagai hal yang dibutuhkan sehingga pengunjung kalian tahu di mana tempat menyampaikan keluhannya

Meningkatkan Trust Ranking (Peringkat Kepercayaan)


Elemen kedua di sini adalah dengan menggunakan algoritma yang canggih untuk mempengaruhi SERP, di sini juga dikutip dari Sitepronews


  • Penggunaan Cookie, Sebenarnya saya tidak begitu paham jadi sebaiknya cari artikel mengenai pengaruh cookie pada SEO
  • Sertifikat SSL, Ini adalah salah satu faktor penting apabila kalian seorang pebisnis online. Mesin pencari dapat memberitahu bagaimana sebuah situs terpercaya oleh Otoritas Trust. Perusahaan seperti VeriSign menyediakan sertifikat aman dan terpercaya dengan EV (Extended Validation / bar hijau yang muncul dengan HTTPS pada URL) fitur yang langsung diakui oleh pengunjung, spider atau crawler.
  • Domain Age. Umur domain dapat menjadi sinyal bagi mesin pencari untuk mengetahui berapa lama website kalian telah ada. Apa saja yang kalian lakukan? Apakah website kalian bermanfaat atau tidak? 
  • Link, Link masuk dan link keluar tidak hanya berpenngaruh terhadap Pagerank, melainkan juga pada TrustRank. Link dapat memberikan petunjuk pada mesin pencari mengenai otoritas dan trust sebuah website. Apakah linkout ke halaman berkualitas dan relavan? Ataukah hanya ke halaman sampah tidak berguna? 

Kesimpulan Algoritma TrustRank




Haiiaahhhh tidak perlu dech diambil pikiran banget memahami algoritma trustrank atau Google panda atau Google Freshness. dari dulu intinya sama saja, berikan konten berkualitas dan bermanfaat, linkout ke halaman relavan untuk menambah pengetahuan pengguna, dapatkan backlink, serta jangan bermain curang.


      ==============================================



      ==============================================

      loading...

      loading...